TEKNIS PELAKSANAAN MPOK-ONDI 2020 BLENDED MODEL (OFFLINE & ONLINE)

     Sebagaimana diinformasikan dalam maklumat sebelumnya, bahwa agenda MPOK-ONDI 2020 yang seyogianya akan dilangsungkan selama dua hari pada senin s/d selasa, tertanggal 21-22 september 2020, maka PKA – dengan berbagai pertimbangan dan arahan sistemik-strategis–, memproyeksikan pelaksanaannya secara offline dan online dalam suatu ritme waktu yang beriringan. Oleh karena itu, paparan teknis di bawah ini sepenuhnya merupakan penjelasan atas dua teknis offline dan online yang dimaksud.

     Pertama,  pelaksanaan offline MPOK-ONDI.*

  1. Waktu, hari senin dan selasa, 21 s/d 22 september 2020.
  2. Tempat, Aula STAITAS Kampus STAI TASIKMALAYA.
  3. Pukul, 00 s/d 13.00.
  4. Dress code, bebas-rapih-sopan-islami.
  5. Ketentuan Protokol COVID 19, selalu memakai masker, selalu menjaga jarak (tak boleh ada kontak fisik, termasuk salaman sekalipun), selalu mencuci tangan, dan selalu menghindari kerumunan massa-berlebih tak beraturan yang potensial mencipta citra dan pola ketahanan kesehatan yang buruk.
  6. Materi, dibatasi hanya pada 5 tema esensial-substantif, adalah sebagai berikut: pemaparan visi-misi STAITAS, pemaparan bidang akademik dan kemahasiswaan (SIAKAD I), pemaran aspek keuangan dan administrasi umum, pemaparan bidang organisasi dan tatakelola pamong (SIAKAD II), dan terakhir pemaparan dinamika OMIK oleh DEMA.
  7. Urgensi, wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.
  8. Kelulusan MPOK-ONDI, dibuktikan dengan penerimaan sertifikat MPOK-ONDI setelah melalui penyelesaian berbagai kewajiban terstruktur. Seterusnya, sertifikat MPOK-ONDI itu akan berfungsi sebagai pra-syarat penting untuk ujian lanjutan lainnya terutama pada level akhir semester perkuliahan.
  9. Ketak-hadiran peserta tanpa alasan dan izin yang diperkenankan oleh PKA sebagai leading sector yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya, akan berarti diskualifikasi kelulusan maba terkait pada agenda MPOK-ONDI Konsekuensi, mengulangi rangkaian agenda MPOK-ONDI di tahun depan.
  10. Hal-hal yang belum tersampaikan pada kategori penjelasan ini akan diinformasikan kemudian.

     Kedua, pelaksanaan online MPOK-ONDI

  1. Tema-tema MPOK-ONDI online merupakan turunan dari tema esensial-substantif sebelumnya. Ialah; pengenalan program studi (prodi), pengenalan unit kerja, pengenalan OMIK (Organisasi Mahasiswa Intra Kampus), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dan HIMA-PRODI (Himpunan Mahasiswa Program Studi).
  2. Metode pelaksanaannya bersifat offline-streaming & dilihat secara mandiri (tempat dan waktu menyesuaikan dan fleksibel) tanpa melibatkan instalasi aplikasi apapun semacam google meet ataupun zoom.
  3. Konten visual, narasi dan materi video yang harus di-like, share, comment dan subscribe oleh mahasiswa baru akan diupload di hari pertama agenda MPOK-ONDI offline oleh PKA pada saluran medsos resmi IG @pkastaitasofficial, Fb dan Youtube PKA.
  4. Bentuk laporan review sederhana atas semua video yang telah ditelaah mahasiswa baru akan dijadikan credit point tambahan sebagai syarat pengambilan sertifikat MPOK-ONDI 2020.
  5. Hal-hal lain yang belum dijelaskan oleh teknis pelaksanaan online MPOK-ONDI ini akan diinformasikan kemudian.

Tasikmalaya, 17 September 2020

PUSAT KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI,

 

Ttd.

 

Arsyul Munir, Lc, MA

 

* Rincian tata-tertib yang diadaptasi dari penerapan prosedur protokol kesehatan COVID 19 secara mendetail mulai dari awal kedatangan hingga berakhirnya agenda MPOK-ONDI sampai meninggalkan kampus STAITAS akan disampaikan selambat-lambatnya satu hari sebelum pelaksanaan MPOK-ONDI offline.