MENGHITUNG WAKTU BERPISAH DENGANMU

MENGHITUNG WAKTU BERPISAH DENGANMU 

Oleh : Rifyal Luthfi MR


Telah kita ketahui bahwa beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang dijelaskan oleh Nabi Saw. dalam shahihain dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi Saw. bersabda,“Jika bulan Ramadhan tiba, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Diriwayatkan pula bahwa amalan sunnah dibulan Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan amal wajib. Selain prosesi yang bersifat keruhanian, dibulan Ramadhan kita merasakan sekali suasana ukhuwah di antara kaum muslimin terjalin sangat erat dengan selalu berinteraksi baik di perjalanan maupun di Masjid/Mushola untuk melakukan sholat berjama’ah.

Semua kebaikan dan anugerah tersebut diberikan untuk kaum muslimin seutuhnya. Oleh karena itu, hendaklah kaum muslimin melaksanakannya dengan penuh kegembiraan dan keceriaan, kekhusyuan dalam beribadah dan bersyukur kemudian memuji Allah yang senantiasa masih memberi kesempatan pada kita untuk dipertemukan dengan bulan yang penuh ampunan ini.

Namun waktu berganti melalui hitungan jari jemari, bahwa bulan ramadhan yang berkah ini akan kita lalui. Artinya tak terasa bulan yang penuh dengan ampunan dan keberkahan ini akan meninggalkan kita semua beberapa hari lagi. Pertanyaannya buat kita semua, apakah kita akan bertemu lagi dengan bulan ramadhan ditahun yang akan datang? kemudian seberapa besar kita mencintai-Nya melalui amalan-amalan dibulan ini? wallahu`alam.

Terkadang kita merasa bahwa esok hari atau lusa, bahkan satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun yang akan datang kita merasa masih akan hidup terus. Namun sesungguhnya sama sekali prediksi itu tidak bisa dikatakan demikian, karena yang namanya kematian tidak ada yang tahu, bahkan tidak bisa diakhirkan dan tidak bisa didahulukan. Jika sudah waktunya malaikat ijroil menjemput ruh kita atas perintah Allah SWT. maka itulah akhir kisah kita di Alam dunia ini, dan akan menuju alam barzakh tuk selanjutnya menjelajah dinegeri akhirat yang abadi.

Kesempatan buat kita diakhir penghujung ramadhan ini, kita semua mesti meningkatkan kualitas nilai peribadahan kita kepada Allah SWT. mencari keberkahan dan mempelajari pesan cinta-Nya pada kita melalui amalan-amalan sholeh. Hal tersebut akan menjadikan introspeksi buat kita dalam mencari ridho-Nya dan jaminan ampunan-Nya.

Jika selama ini kita berleha-leha, maka marilah kita segera beristighfar dan meminta ampunan kepada Allah atas kekhilafan ini. Dan Jika selama ini amalan kita biasa-biasa saja, maka marilah kita tingkatkan dengan penuh kesadaran bahwa amal tersebut akan menjadi sebuah bekal untuk perjalanan  panjang di akhirat kelak.

Ingatlah bahwa Ramadhan adalah bulan yang agung dan mulia, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam untuk menggapai sebuah kebahagiaan yang hakiki.  Maka kita memohon kepada Allah SWT. untuk menganugerahkan ampunan serta keberkahan dibulan Ramadhan ini.

“Rinduku pada-Mu kan selalu tersimpan walaupun ramadhan berakhir dengan kesedihan dan penuh pengharapan…ya Allah kutunggu pesan cinta-Mu…”

 

Hasbunallah Wani`mal wakil